Jumat, 01 Februari 2013

Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar dan Kerudung.

"Kamu masih pake jilbab? Kok gak pake hijab sih? Kan biar keren dan ngetrend".
"Loh, emang apa bedanya jilbab ama hijab?"
"Eeenngg... Waduh, gak tau juga deh. Bingung"

Yak, di kalangan kita lagi ngetrend yang namanya hijab. Cantik dan mengikuti perintah Agama. Tapi akan muncul satu masalah baru bagi yang belum mengetahui, apa perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar ataupun Kerudung?

Nah, itu yang akan kita bahas sebentar lagi.

Hijab menurut Al-Quran artinya penutup secara umum. Allah SWT. dalam surat Al Ahzabayat 58 memerintahkan kepada para sahabat Nabi SAW ada waktu mreka meminta suatu barang pada istri Nabi SAW untuk memintanya dari balik hijab. Jadi, hijab brarti umum, bisa berupa tirai pembatas, dll.

Sehingga memang terkadang kata hijab dimaksudkan untuk makna jilbab. Adapun makna lain dari hijab adalah sesuatu yang menutupi atau menghalangi dirinya.

Hijab biasa juga digunakan sebagai pembatas interaksi saat sedang syuro. Pernah lihat ada yg rapat dgn menggunakan hijab? Biasanya sih dengan kain pembatas di tengah-tengah ruangan,

Hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu.

Dalam hal ini Syaikh Al Bani rahimahullah mengatakan, “Setiap Jilbab adalah Hijab, tetapi tidak semua Hijab itu Jilbab, sebagaimana yang tampak."

Lanjut ke Jilbab. Hal ini tertuang dalam perintah Allah, Al-Ahzab ayat 59: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka..."

Secara terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, akan kita dapati pengertian jilbab seperti berikut > " Jilbab berarti selendang, atau pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepada, dada dan bagian belakang tubuhnya "

Dapat kita ambil kesimpulan bahwa jilbab pada umumnya adalah pakaian yang lebar, longgar dan menutupi seluruh bagian tubuh. Sebagaimana disimpulkan oleh Al Qurthuby: "Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh". Kecuali Wajah dan telapak tangan.

Adapun jilbab dalam surat Al-Ahzab (33): 59, sebenarnya adalah baju longgar yang menutupi seluruh tubuh perempuan dari atas sampai bawah.

Sudah terlihat jelas, perbedaan antara Hijab dan Jilbab? Maka kembalikan pada kata asalnya dlm Al-Ahzab: 59. Berjilbablah

Kemudian Khimar, ini yg biasa disebut dengan Kerudung. Perintah Khimar terdapat dalam QS An-Nur ayat 31.

Khimar atau kerudung adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka (Al-Baghdadiy, 1991)

Jadi jelas perbedaan antara Hijab, Jilbab & Khimar / Kerudung.. yang masih belum longgar & menutup seluruhnya berarti baru berkhimar.

Karena Jilbab tak sekedar penutup kepala hingga menutupi dada, ia melindungi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
Title: Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar dan Kerudung.; Written by ahmad shofwan; Rating: 5 dari 5

10 komentar:

  1. sya izin Copas boss di blog saya ya :)

    BalasHapus
  2. ijin copas yah..
    trima kasih,,

    BalasHapus
  3. jadi...jilbab itu penutup sampai kaki ?
    kalo khimar sampai dada ?
    beda muka dan wajah ? kan sama aja

    BalasHapus
  4. makasih infonya.. izin share di website kami ya www.khimarhijab.com

    BalasHapus
  5. Makasih Infonya admin. Izin copas ya.:)

    BalasHapus